Hotline 082134943663
Informasi lebih lanjut?
  • PromoDapatkan promo dan paket wisata menarik selama persediaan masih ada!
  • Unit ReadyTersedia berbagai armada pilihan seperti innova reborn, all new avanza, hiace, elf, fortuner, pajero sport, bus, dll!
  • Pesan SekarangHubungi admin kami sekarang untuk mendapatkan promo terbatas!
Home » Wisata Jogja » Candi Borobudur Salah Satu Candi Terbesar di Dunia

Candi Borobudur terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, candi yang sangat megah dan rupawan ini telah dikenal oleh wisatawan lokal maupun mancanegara sebagai kuil Buddha terbesar di dunia. Candi Borobudur memiliki luas sekitar 2500 meter persegi, dengan panjang 121,66 meter, lebar 121,38 meter, dan tinggi 35,40 meter.

Candi legendaris ini diperkirakan dibangun pada abad ke-8, tepatnya sekitar tahun 750-an masehi pada masa pemerintahan dinasti Syailendra. Pembangunannya diperkirakan berlangsung sekitar 75 tahun sampai akhirnya rampung pada saat pemerintahan raja Samaratungga berlangsung.

Candi Borobudur terletak diatas bukit hijau yang asri di mana pengunjung bisa menyaksikan bukit-bukit hijau lain di sekitarnya. Bangunannya sendiri terdiri atas jutaan blok batu yang dibuat kedalam tiga struktur yang menggambarkan tingkatan alam semesta menurut filsafat Buddha. Bangunan kolosal ini juga dihiasi oleh 2.672 panel relief dan 504 patung Buddha.

Struktur tingkatan Candi Borobudur merupakan tiruan alam semesta akan roda kehidupan. Terdapat tiga tingkatan pada struktur Candi Borobudur Yakini:

  • Kamadhatu: Bagian terbawah candi yang melambangkan alam bawah, menggambarkan perilaku manusia yang masih terikat oleh nafsu duniawi.
  • Rupadhatu: Bagian tengah candi yang melambangkan alam antara, menggambarkan perilaku manusia yang sudah mulai meninggalkan keinginan duniawi, akan tetapi masih terikat oleh dunia nyata.
  • Arupadhatu: Bagian atas candi yang melambangkan alam atas, menggambarkan unsur tak berwujud dan sebagai tanda tingkatan yang telah meninggalkan nafsu duniawi.

Disini buka sejak jam 06.00 sampai 17.00 sore. Namun, pengunjung mengikuti paket sunrise mulai masuk jam setengah lima sore melalui Manohara. Sedangkan untuk tiketnya sendiri sangat bervariatif. Pengunjung umum (dewasa) Rp.40.000/orang, dan anak-anak Rp.20.000/orang. Biasanya akan ada diskon bagi wisatawan rombongan. Tiket ini akan berbeda ketika pengunjung memilih paket sunrise.

Candi Borobudur memiliki beberapa fasilitas untuk wisatawan yang berkunjung. Berikut adalah beberapa fasilitas yang tersedia di Candi Borobudur Magelang:

  1. Museum Karmawibhangga
  2. Museum Samudraraksa
  3. Visitor Center & Audio Visual
  4. Cycling
  5. Tourist Train
  6. Andong Tour
  7. Elephant Safari
  8. Mahakarya Borobudur

 

 

 

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Mungkin Anda tertarik membaca artikel berikut ini.

maha sky batu angkruk

Maha Sky Batu Angkruk Spot Sunrise Indah Di Kawasan Dieng !!

19 October 2023 187x Jawa Tengah

Ada beragam destinasi wisata yang ada di Wonosobo dan kawasan Dieng . Salah satunya adalah Maha Sky Batu Angkruk yang terletak di jalan utama Wonosobo dan kawasan wisata Dieng . Maha Sky Batu Angkruk Memiliki spot foto yang menarik yang Bisa di coba oleh wisatawan seperti taman bunga, landmark dan jembatan kaca. Maha Sky Batu... selengkapnya

Jalan-jalan ke Museum Sonobudoyo Yogyakarta!!

20 March 2023 178x Wisata Jogja

Museum Sonobudoyo adalah museum sejarah dan kebudayaan Jawa yang termasuk bangunan arsitektur klasik Jawa. Museum ini menyimpan koleksi mengenai budaya dan sejarah Jawa yang dianggap paling lengkap setelah Museum Nasional di Jakarta. Museum Sonobudoyo terdiri dari dua tempat.  Museum Sonobudoyo I terletak di Jalan Trikora No. 6 Yogyakarta, sedangkan tempat... selengkapnya

Sri Gethuk salah satu wisata air Gunung Kidul Yogyakarta

2 February 2023 142x Wisata Gunung Kidul

Sri Gethuk menjadi salah satu wisata air yang wajib di kunjungi, lokasinya terletak di samping Sungai Oyo, Kabupaten Gunung Kidul atau beralamat lengkap di Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jarak Air Terjun Sri Gethuk dari Jogja sekitar 33 kilometer, dengan perkiraan waktu tempuh sekitar 1 – 1 jam 30 menit... selengkapnya

Kantor Kami

Java Tour Asian

Duwuran RT 03 Parangtritis Kretek Bantul Yogyakarta – Indonesia

Phone: 082134943663

Email: javatourasian@gmail.com

Live Chat

Buka setiap hari

Temukan Kami

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.